Aktivitas Pengajaran Teknoplasma Desember 2020

Bismillahirrahmanirrahim.

Berikut ini rangkuman pelatihan GNU/Linux di Teknoplasma pada bulan Desember 2020. Untuk pertama kalinya saya membuat laporan (rekapitulasi) seperti ini sebagai pelajaran bagi diri saya sendiri dan semoga dapat menjadi manfaat bagi orang lain. Teknoplasma adalah kursus komputer untuk masyarakat Indonesia yang mengajarkan Perangkat Lunak Bebas dan sistem operasi GNU/Linux. Semoga rangkuman ini bermanfaat sebesar-besarnya.

Pengajar,

Ade Malsasa Akbar
Kontak: telegram.me/Malsasa


Peringatan:

Apabila tercantum perangkat lunak tidak bebas seperti Microsoft atau Windows pada tulisan ini maka itu bukan rekomendasi dan tidak termasuk pengajaran Teknoplasma kecuali satu hal saja yaitu menginstal Free Software pada OS tersebut yang sudah dipunyai peserta sebelum kursus dengan tujuan migrasi. Teknoplasma adalah kursus migrasi oleh karena itu termasuk keringanan dan pelajarannya ialah memulai dari apa yang ada terlebih dahulu untuk mencapai kebiasaan dengan niat menghapus Microsoft setelahnya. Hati-hati, Windows adalah malware.

Rangkuman:

  • Bulan ini ada 3 orang peserta pelatihan komputer yaitu dari Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan yang masing-masing berdurasi empat belas hari pertemuan atau dua minggu pertemuan.
  • Selain peserta, ada juga 1 orang mantan peserta dari Jawa Barat yang memerlukan bimbingan berupa pengaturan BIOS untuk Pop_OS! GNU/Linux pada komputer laptop ASUS ROG yang bermasalah dan berhasil dengan benar. Ada pelajaran penting darinya.
  • Pengajaran berjalan seperti biasa melalui Telegram (teks, telepon, berbagi berkas, foto, skrinsot) dan juga Jitsi (telepon, video call, share screen).
  • Saya membuat sebuah daftar perangkat lunak komputer khusus untuk dipelajari bagi siswa-siswi Teknoplasma. Peraga belajar ini bisa diakses di bagian akhir tulisan ini.

Siswa Kalimantan Timur:

Saudara Azis mengikuti pelatihan membuat website.

(Proses belajarnya serta tampilan kelasnya di Telegram)

Yang dipelajari adalah perintah dasar terminal (ebook #2) dan pemasangan Xampp/WordPress. Peserta berhasil menyelesaikan semuanya sampai tahap situsnya bisa dikunjungi (online) dalam tempo tujuh kali pertemuan atau satu minggu. Termasuk dalam pelajaran Teknoplasma, beliau juga belajar memanfaarkan StarDict kamus Inggris-Indonesia serta KeePass pengelola sandi.

Siswa Kalimantan Selatan:

Saudara Samsul mengikuti pelatihan komputer penuh.

PC dan laptop Kubuntu milik peserta Kalimantan Selatan

Gambar-gambar berikut adalah proses belajar dan kelasnya di Telegram:

Yang dipelajari adalah mulai dari awal yaitu menginstal Kubuntu 18.04 pada PC dan laptop beliau (dibimbing jarak jauh via Telegram), belajar pengoperasian desktop (ebook I), belajar perintah dasar (ebook II), sampai pada belajar sistem manajemen paket (ebook III). Ini adalah pelajaran yang paling pokok. Karena beliau dualboot di kedua mesin, maka pelajaran juga termasuk Free Software untuk Windows yaitu LibreOffice, Inkscape, GIMP, Telegram, SumatraPDF, Unetbootin, dan KeePassXC. Termasuk pelajaran kursus ini juga memasang StarDict kamus Inggris-Indonesia praktis pada Kubuntu.

Istimewa untuk beliau, salah satu tujuan belajarnya adalah mempelajari perangkat lunak kimia Gromacs (perangkat lunak bebas) serta Avogadro (idem) untuk mempraktikkan panduan simulasi molekul oleh Justin Lemkul yang berjudul Protein-Ligand Complex. Pada saat tulisan ini ditulis, beliau sudah menyelesaikan hampir seluruh pertemuan.

Siswa Sulawesi Selatan:

Saudara Alif mengikuti pelatihan komputer penuh.

Laptop Kubuntu milik peserta Sulawesi Selatan

Gambar-gambar berikut ini proses belajarnya saudara Alif:

(Pengantar migrasi mengenal LibreOffice bertampilan ribbon)

Yang akan dipelajari adalah mulai dari awal. Pelajaran intinya adalah instalasi Kubuntu, pengoperasian desktop, perintah dasar terminal, sampai sistem manajemen paket. Saat tulisan ini ditulis, oleh karena Teknoplasma adalah kursus migrasi, beliau mulai dari memasang sejumlah free software terpenting pada Windows 10 yaitu KeePass dan Unetbootin dan langsung memanfaatkannya.

Siswa Jawa Barat:

Saudara Sahrul mempelajari BIOS/UEFI dan bootloader.

Laptop Pop_Os! milik peserta Jawa Barat
Program inisialisasi komputer (UEFI) milik peserta diatur agar bisa menjalankan dua sistem operasi dalam satu laptop

Saudara Sahrul mengalami inkompatibilitas antara laptopnya dengan GNU/Linux yang direkomendasi Teknoplasma bahkan masalah tidak selesai dengan Manjaro maupun pilihan distro yang lain. Sumber masalah adalah perangkat keras Geforce yang sejak dari pabriknya menolak perangkat lunak bebas. Inti masalahnya resolusi layar yang error.  Setelah memasang Pop_Os! maka masalah itu beres yaitu resolusi layar kembali sempurna. Akan tetapi setelah itu muncul masalah baru yaitu beliau tidak dapat memilih sistem operasi lain yang ada di laptopnya. Setelah beberapa kali pertemuan dengan saya, alhamdulillah masalahnya diketahui dan solusinya diterapkan sehingga semuanya beres.

Pelajaran pentingnya: pada ASUS Republic of Gamer, siswa nyalakan Secure Boot untuk masuk ke OS lain; matikan Secure Boot untuk masuk ke OS GNU/Linux; dan urutan Boot Priority (pada halaman utama bios) tidak berpengaruh.

Pelajaran tambahan saudara Sahrul seusai berhasil atur UEFI:

Termasuk dalam pelajaran ini, beliau mengenal KeePassXC pengelola sandi, Nextcloud penyimpanan internet, serta Freedombox.

Peraga:

Berikut ini peraga pembantu guru yang saya buat untuk mengajarkan komputer kepada siswa-siswi seluruh Indonesia.

Poster Peraga LibreOffice:

Poster Ayo Gunakan LibreOffice:

Poster Ayo Gunakan OpenDocumentFormat:

Poster Gunakanlah Free Software:

Tabel Perangkat Lunak Bebas dan Gunanya:

  • Gambar berukuran sangat panjang beresolusi tinggi.
  • Diterbitkan di situs Free Software List.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin semua pengajaran berlangsung lancar. Semoga pengajaran selanjutnya juga lancar. Demikian laporan ini. Semoga bermanfaat.

One thought on “Aktivitas Pengajaran Teknoplasma Desember 2020”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s