Mengapa Menggunakan GNU/Linux

Bismillahirrahmanirrahim.

Menurut komunitas perangkat lunak bebas, mayoritas perangkat lunak komputer adalah berpemilik (disebut juga tidak bebas) oleh karena itu tidak menunaikan hak-hak pengguna yang seharusnya diterima oleh pengguna. Komunitas kami menghadirkan perangkat lunak bebas (disebut juga Free Software) dan kami harap Anda mengenalnya. Tulisan ini menjelaskan dan sekaligus menjawab pertanyaan mendasar setiap orang mengapa kami menggunakan GNU/Linux terutama kami tujukan bagi siswa-siswi Kursus Teknoplasma.

Laptop ThinkPad pengajar sedang menjalankan GNU/Linux dan perangkat lunak bebas. Ini satu contoh upaya pengajaran komputer dengan perangkat lunak bebas di Kursus Teknoplasma.

1. Karena GNU/Linux adalah perangkat lunak bebas maka menunaikan hak pengguna (yaitu hak kendali penuh). Pengguna berhak untuk menjalankan, mempelajari, mengubah dan mendistribusikannya (USE, STUDY, MODIFY, SHARE) baik dengan atau tanpa perubahan, baik dengan jual beli maupun gratis.

2. Karena Microsoft Windows dan Apple MacOS adalah perangkat lunak berpemilik (tidak bebas) maka tidak menunaikan hak pengguna dan oleh karena itu pengguna dikendalikan oleh pengembang (bukan seperti yang Anda yakini selama ini). Pengguna (walaupun sudah membelinya) tidak berhak untuk semua hak tersebut di atas dan menurut komunitas kami ini adalah ketidakadilan dan sifat antisosial.

3. Karena perangkat lunak berpemilik menutup dua pintu kebaikan, yaitu menutup pintu sedekah dan jual beli, karena (sekalipun Anda sudah membelinya) Anda tidak memilikinya, maka Anda tidak diperkenankan untuk membagikan salinan-salinannya (walaupun kepada keluarga) dan tidak diperkenankan pula memperjualbelikannya (walaupun Anda sudah membelinya). Lisensi perangkat lunak berpemilik melarangnya.

4. Karena perangkat lunak bebas membuka dua pintu kebaikan, yaitu membuka pintu sedekah dan jual beli, karena Anda sebagai penggunanya Anda merdeka, maka Anda boleh membagikan salinan-salinannya (sedekah) dan boleh pula memperjualbelikannya (menukar salinan software dengan uang). Lisensi perangkat lunak bebas mengizinkannya.

5. Sistem operasi GNU/Linux dikenal luas serta diakui oleh kawan maupun lawan aman dari virus-virus komputer tidak seperti Windows dan MacOS (baca keterangannya di sini dan di sini). Keamanan ini berasal muasal dari kemerdekaan pengguna dan software yang tidak merdeka tidak punya keamanan sama sekali terhadap pengembangnya sendiri.

6. Karena sebab nomor 3 di atas, maka mayoritas pengguna Microsoft Windows pada umumnya dan perangkat lunak berpemilik pada khususnya, pada faktanya jatuh pada kesalahan pelanggaran lisensi (sering disebut secara salah “pembajakan software”) dan karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam maka para ulama Islam telah berfatwa untuk kaum muslimin sebagai berikut:

Maka dengan memperhatikan semua dasar di atas, adalah sebuah niat baik amal terpuji bahkan solusi bagi semua orang untuk menggunakan GNU/Linux pada umumnya dan perangkat lunak bebas pada khususnya di dalam perkomputerannya dan ini sama sekali tidak layak untuk dicela. Kursus Teknoplasma mengajarkan komputer dengan niat mengamalkannya dan membantu setiap orang mengamalkannya. Demikian semoga bermanfaat dan barokah.

Sumber: teknoplasma

Lihat juga Kelebihan GNU/Linux.

Membagikan ulang posting ini sangatlah diapresiasi. ❤️ 🇮🇩

Leave a comment